Copyright fbrhmn. Powered by Blogger.

TUGAS SOFTSKILL 1


posted by feby rahmana on , , , , , , , ,

No comments



Pertanyaan Tugas 1
1.       Sebutkan 6 (sumber-sumber) manajemen ( The Six M’s Manajement)
2.       Mengapa Market dan Methods tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen
3.       Apa yang dimaksud dengan Efisien dan Efektif
4.       Sebutkan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam scope O & M

Jawaban
1.       Enam (sumber-sumber) manajemen ( The Six M’s Manajement)
a)      Manusia (Man)
>        Manusia dalam manajemen disebut sebagai SDM (Sumber Daya Manusia) karena di dunia yang semuanya sudah serba otomatis ini tidak akan bisa tanpa bantuan SDM. Sebagai contoh di dalam dunia penerbangan. Industri penerbangan mungkin memiliki pesawat yang bisa terbang secara otomatis, namun pesawat itu masih harus memiliki awak ataupun kru pesawat untuk melayani dan membantu keperluan dari penumpang mereka. Dalam hal manajemen rekruitmen, seleksi, latihan promosi, laporan keuangan dari gratifikasi kompensasi, dan pengakhiran masa kerja adalah beberapa masalah yang harus ditangani secara serius demi mempertahankan kelangsungan dari sebuah organisasi.

b)     Material (bahan-bahan)
>     Merupakan bahan dasar dalam manajemen baik itu industry jasa ataupun industry barang. Kebanyakan dari industri-industri tersebut berlokasi tak jauh dari ketersediaan suatu bahan-bahan dasar mereka. Sebagai contoh, sebuah pabrik air mineral di India terletak tak jauh dari gunung Himalaya, dimana disana terdapat sumber air yang bersih, yang memang mereka gunakan sebagai bahan dasar industry mereka. Contoh lainnya terdapat pada sebuah indutri jasa seperti bank, perusahaan asuransi, salon, dan lain-lain yang berlokasi di antara orang-orang sehingga membuat jasa mereka berprospektif baik untuk kedepannya. Produk-produk yang tahan lama seperti produk susu mentah pun juga berlokasi ditempat yang strategis dalam segi transportasi dan fasilitas pendistribusiannya.

c)    Mesin
>     Mesin merupakan peralatan dasar yang berguna untuk memperoduksi dan memperlancar pelayanan. Dengan mesin yang bagus dapat meningkatkan efisiensi, waktu, dan usaha mereka. Dihubungkan dengan kebutuhan organisasi, penyeleksian mesin dan peralatan teknis meliputi ketersediaan suku cadang, evaluasi layanan, pengganti teknologi, dan anggaran dasar organisasi adalah criteria yang sangat penting ketika membeli suatu mesin. Pelayanan dan ketahanan lama dari suatu mesin juga jangan diabaikan. Di dunia industri jasa teknologi pun kini sudah menggunakan computer & perangkat lainnya sebagai mesin utama untuk melayani klien.

d)   Uang
>     Uang dalam manajemen berarti dari mana suatu perusahaan mendapatkan uang, dan bagaimana cara perusahaan dalam menggunakan uang tersebut. Pendapatan jangka panjang dan jangka pendekpun harus ditentukan. Simpan pinjam, kredit yang diberikan dalam manajemen di lakukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dari hari ke hari.

e)    Metode
>     Setiap langkah ada keuntungannya masing-masing. Langkah-langkah tersebut disebut sebagai Metode di manajemen. Arti singkatnya adalah seni melakukan sesuatu. Suatu set dari prosedur dan instruksi juga dikenal sebagai contoh dari metode. Sebagai contoh, untuk mendapatkan kartu kredit, seorang pelanggan harus mengisi data pada lembaran pengajuan, melampirkan total gaji, dan mengirimkannya ke bank yang bersangkutan. Semua data pengajuan dari pelanggan akan diperiksa oleh pihak yang berwenang di bank tersebut. Dokumen nantinya akan diverifikasi. Setelah semua proses pengecekan selesai, kartu kredit akan diberikan pin oleh suatu perusahaan antar jemput untuk pengiriman akhir kepada pelanggan yang mengajukannya. Semua prosedur diatas dinamakan metode.

f)    Manajemen
>     Fungsi dari manajemen adalah sebagai pengontrol suatu organisasi, pembuat keputusan dibagian marketing, produksi, penjualan, riset & pengembangan, sumber daya manusia, keuangan, operasi, dan lain-lain. Semua itu termasuk taktik bisnis dam strategi bisnis. Ada beberapa level pada suatu manajemen, yaitu ; level top  yang berhubungan dengan segala keputusan manajemen yang bersifat besar dan membentuk organisasi dari suatu perusahaan. Level middle, adalah manajemen yang memberikan perintah kepada level bottom tentang bagaimana cara menjalankan bisnis.

g)    Nilai moral
>     Setiap perusahaan yang ada dimasyarakat harus menjalankan bisnis mereka secara jujur. Nilai kejujuran itu harus ditanamkan dari pemegang perusahaan hingga pegawai rendah sekaligus. Melakukan tindakan yang melanggar nilai-nilai moral sangat tidak dianjurkan hanya karena menginginkan keuntungan saja. Suatu peraturan merupakan syarat wajib dalam membangun suatu perusahaan. Hal tersebut wajib diikuti jika ingin membangun suatu organisasi.

2.       Market dan Methods tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen karena market merupakan suatu wahana yang digunakan dalam pencapaian suatu tujuan yang ditentukan. Sedangkan method merupakan metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

3.       Yang dimaksud dengan efektif adalah melakukan hal-hal yang benar (do the right things), mampu mencapai suatu maksud dan tentunya sesuai dengan hasil yang diinginkan, sedangkan efisien berarti melakukannya dengan cara yag benar (do the things right) dengan menjadi efektif tanpa membuang uang, usaha, atau waktu dan bekerja secara produktif dengan mengeluarkan biaya yang kecil.

4.       Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam scope O & M
-          planning (perencanaan)
-          organizing (pengorganisasian)
-          motivating (motivasi)
-          controlling (pengendalian)
.