Copyright fbrhmn. Powered by Blogger.

Harry Potter, nonbar, organisasi ??


posted by feby rahmana on , , , , , , , ,

No comments

TULISAN 3

Apa yang Anda ketahui tentang Harry Potter 7 – Deathly Hallows? Daniel Radcliffe? Ya, apa lagi? Voldemort yang menginginkan operasi hidung? Dalam dunia nyata, mungkin iya. Jadi Harry Potter 7 ini merupakan serial terakhir dari film yang di angkat dari sebuah novel. Film ke-tujuh ini akan dibagi menjadi dua part agar adegan seru yang terdapat dalam novelnya tidak banyak terpotong. Harry Potter part-I sudah tayang di Indonesia pada tanggal 19 November 2010. Dan bisa Anda bayangkan bagaimana antusiasme fans fanatic film tersebut? Ya, jauh sebelum tayang mereka sudah mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan Harry Potter. Bahkan ada beberapa orang melalui media jejaring social menggaet para sesama pecinta novel karya J.K Rowling itu untuk NONBAR atau nonton bareng. Karena mereka ingin merasakan menonton film tersebut bersama pecinta harry potter lainnya. Pihak panitia atau penggagas ide tersebut akan mengkoordinir anggota yang mendaftar dalam pembelian tiket nontonnya. Mereka bahkan telah membuka pendaftaran untuk nonbar tersebut jauh beberapa minggu dari hari peluncuran film tersebut. Sebagai bonus kepada anggota lain, beberapa penanggung jawab nonbar telah mempersiapkan beberapa merchandise berupa poster, mug, atau apa saja yang berbau harry potter tersebut untuk peserta nonbarnya. Tapi di balik itu semua, tanpa mereka sadari, nonbar adalah salah satu bentuk organisasi informal. Kenapa? Maka dari itu sebaiknya kita tahu pengertian dari organisasi informal.

Apa itu organisasi informal?
Organisasi informal adalah organisasi yang keanggotaannya dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi. Organisasi informal dapat dialihkan menjadi organisasi formal apabila hubungan didalamnya dan kegiatan yang dilakukan terstruktur dan terumuskan.

Penyebab munculnya organisasi informal
Adal banyak alasan kenapa organisasi informal bisa muncul dan berkembang. Ya salah satunya nonbar itu. Selain itu ada beberapa yang jadi penyebab munculnya organisasi informal :
-          Pada dasarnya individu memiliki kebutuhan untuk mendapat kepuasan dalam berafiliasi dengan orang-orang di lingkungannya
-          Jika dalam organisasi formal kebutuhan tersebut kurang dapat dipenuhi, maka ia akan mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhannya. Itulah organisasi informal.
-          Munculnya biasanya dikarenakan adanya sekelompok orang yang memiliki kebutuhan yang sama.
Kebutuhan-kebutuhan yang mendasari terbentuknya organisasi informal :
a)      Kebutuhan social
Orang membutuhkan lebih dari sekedar komunikasi yang bersifat formal berdasarkan struktur dalam organisasi formal. Orang butuh lebih dari itu untuk memnuhi kebutuhan sosialnya.
b)     Pengetahuan tentang perilaku yang dapat diterima
Melalui organisasi informal, orang akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan tantang berbagai perilaku yang dapat diterima di lingkungan organisasi. Hal tersebut tentu saja tidak mungkin disampaikan dalam organisasi formal.
c)      Perhatian/simpati
Membangun perhatian atau simpati dapat pula dilakukan melalui organisasi informal, karena disini orang melakukan proses osisalisasi tanpa adanya bats atau tanpa melihat posisi dalam organisasi informalnya
d)     Bantuan dalam pencapaian tujuan
Organisasi informal juga membantu organiasi formal dalam mencapai tujuannya, melalui bentuk komunikasi untuk mempermudah anggota organisasi lebih paham tanpa melalui saluran-saluran resmi
e)      Komunikasi dan informasi
Kebutuhan terakhir yang mendasari organisasi informal adalah kebutuhan akan berkomunikasi dan informasi. Terutama komunikasi dan informasi yang tidak bisa disampaikan atau tertutup melalui organisasi formal.

Nah, penjelasan panjang lebar di atas sepertinya sudah mewakili pengertian dari organisasi informal. Dengan adanya organisasi informal seperti nonton bareng ini akan menciptakan suatu medan berkomunikasi yang baik karena mereka memiliki interest yang sama, yaitu semua tentang harry potter. Maka dari itu, lanjutkan dan semoga sukses dalam acara nonton bareng tersebut.