Copyright fbrhmn. Powered by Blogger.

Menyikapi Kenaikan BBM


posted by feby rahmana on , ,

No comments

            Apa reaksi Anda bila mengetahui BBM (Bahan Bakar Minyak) khususnya bensin akan naik? Marah? Kesal? Atau biasa saja? Atau seperti gambar dibawah ini? 


            Sebenarnya, sebagai warga negara yang baik kita harus tahu dulu alasan pemerintah dalam rencananya untuk menaikkan harga BBM tersebut. Karena dibalik keputusan tersebut pasti terdapat pemikiran yang dalam dan matang yang menjadi alasan yang kuat untuk menaikkan harga BBM. Walau banyak masyarakat yang marah akan keputusan menaikkan harga BBM namun kenaikan harga ini dikatakan oleh Presiden Indonesia sebagai tindakan yang perlu dilakukan. Mengapa perlu dinaikkan? Bila harga BBM Indonesia tidak dinaikkan, pertamina maupun distributor bahan bakar lainnya tidak akan dapat mengimpor bensin dan solar karena kenaikan harga BBM ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan negara lain juga turut akan mengalami masalah tersebut seperti Amerika Serikat. Presiden Obama sudah melakukan konfirmasi bahwa harga BBM akan naik dan tentunya banyak juga yang menuai protes akan keputusan tersebut, sama halnya seperti di Indonesia. Namun, mereka tidak mundur karena mereka sudah mempertimbangkan keputusan ini sangat matang, sama halnya seperti Indonesia. Tetapi karena kuatnya kekuatan unjuk massa baik secara baik-baik maupun penuh kekerasan membuat keputusan menaikkan BBM menjadi tertunda.
            Tetapi bila dipikir secara dangkal tanpa hitung-hitungan sudah semestinya harga BBM naik, menyesuaikan harga minyak dunia yang sedang naik. Karena bila tidak dinaikkan maka akan menumpuk lagi hutang negara diluar negeri. Namun, tentu saja kita tetap menyayangkan apabila hal tersebut benar akan terjadi, karena BBM seperti jembatan bagi barang-barang ataupun kebutuhan lainnya. Karena apabila harga BBM naik, sudah dipastikan harga bahan-bahan pokok akan ikut naik. Begitu pula pada tarif angkutan umum yang ikut naik. Tentu akan mengurangi daya beli masyarakat dan untuk jangka panjangnya bisa menyebabkan inflasi.
            Lalu bagaimana cara menyikapi isu kenaikan harga BBM tersebut? Pilihan yang nantinya akan diambil sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi yang jelas, keputusan yang nantinya akan diambil diharapkan dapat menyelesaikan permasalah yang tengah terjadi di Indonesia. Apapun keputusan yang diambil asal Indonesia senang, mengapa tidak?