Copyright fbrhmn. Powered by Blogger.

Media Jejaring Sosial Twitter


posted by feby rahmana on , , , ,

No comments

Dapat bertukar informasi dengan cepat merupakan salah satu manfaat dari media jejaring sosial. Namun tidak semua informasi yang diberikan media jejaring sosial dapat memberikan manfaat yang baik. Hal tersebut bisa diukur dari nilai yang dimiliki oleh informasi tersebut. Namun, sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai nilai informasi, harus tahu dulu apa pengertian dari media jejaring sosial itu dan mengapa media jejaring sosial tersebut bisa berdampak pada kehidupan sosial seseorang maupun masyarakat.
Apa itu media jejaring sosial? Media jejaring sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan diseluruh Indonesia.


  Setelah mengetahui pengertian dari media jejaring sosial, kurang lengkap rasanya bila tidak mengetahui salah satu contoh dari media jejaring sosial itu sendiri, dan mungkin tidak banyak yang tahu bahwa media jejaring sosialnya berada banyak disekeliling kita. Sebut saja Twitter. Siapa yang tidak tahu dengan twitter. Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkin penggunakanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Dalam twitter, terdapat istilah followers dan following dimana hal tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi beberapa orang. Karena, bila jumlahnya semakin tinggi, maka semakin dikenal pula twitternya. Apa itu follower? Follower adalah pengguna lain yang menjadi teman dalam akun twitter. Dengan mem-follow seseorang, tweetsnya bisa dibaca oleh followersnya. Sedangkan following adalah user yang mengikuti pengguna lain. Jadi dengan adanya twitter informasi yang diberikan oleh seseorang dapat tersebar melalui followersnya atau pengikutnya sehingga terjadi pertukaran informasi yang sangat cepat.




Setelah mengetahui pengertian dari media jejaring sosial dan salah satu contohnya, dampak dari adanya media jejaring sosial mulai dipertanyakan ditengah masyarakat. Media jejaring sosial seperti twitter akan berdampak sangat positif bila digunakan dengan cara yang baik dan benar. Mengapa demikian? Jika seseorang memberikan informasi di twitternya, maka pengikutnya akan mendapatkan informasi tersebut, langsung tanpa ada delay timenya. Informasi yang diberikan bisa berupa informasi mengenai pendidikan, kesehatan, dan lain-lain yang tentunya sangat besar manfaatnya untuk khalayak ramai. 
Namun selain memiliki dampak positif, tentulah sebuah media jejaring sosial dapat berdampak negatif bagi orang lain. Hal tersebut bisa dilihat dari informasi yang diberikan pada media jejaring sosial dimana informasi tersebut dapat merugikan pihak tertentu. Misalnya saja twitter. Kejelekan seseorang bisa menyebar dengan cepat dikarenakan banyaknya pengikut yang membaca tweets tentang hal negatif tersebut. Ditambah dengan adanya sistem balas-balasan pesan, twitter dapat menjadi media yang pas dalam membicarakan hal negatif orang lain. Selain informasi, penyalahgunaan media jejaring sosial juga dapat berdampak negatif bagi penggunanya. Maka dari itu gunakanlah media jejaring sosial dengan baik dan benar. Janganlah merugikan orang lain karena percayalah, nanti semuanya akan kembali kediri kita.

SUMBER :